Selasa, 15 Juli 2008

INOVASI BERMULAI DARI DAPUR ANDA SENDIRI

teve Jobs dan Macintosh baru-baru ini meluncurkan telepon genggam generasi terbaru, iPhone, “sebuah perangkat gabungan multimedia” yang diperkirakan akan “mengubah pandangan konsumen secara keseluruhan tentang peng-
gunaan teknologi seluler”. PS3 (Play station III), sebagai teknologi terbaru dari Sony bertarung melawan Microsoft Xbox dan Nintendo Wii untuk memperebutkan reputasi internasional sebagai “Perangkat permainan yang paling inovatif”.

Sedangkan Microsoft Vista memasarkan dirinya sebagai salah satu “platform operasional yang paling inovatif” di bidang komputer. Saat ini semakin sulit untuk menemukan halaman bisnis dalam sebuah surat kabar atau membaca majalah bisnis tanpa melihat berita yang menekankan pentingnya inovasi produk dan daya saing perusahaan.Meskipun artikel-artikel tersebut berbeda dalam ukuran dan kompleksitas perusahaan yang digambarkan, secara umum semua artikel menekankan bahwa usaha yang “memiliki produk inovatif” adalah yang paling “produktif”, “fleksibel”, “stabil”, “menguntungkan”, “terdepan” dan “mendunia”. “Perusahaan-perusahaan inovatif” biasanya ditentukan oleh seberapa inovatif produk-produk mereka. Inovasi produk biasanya berhubungan dengan “persepsi bahwa produk atau layanan eksternal yang ditawarkan sebuah perusahaan lebih inovatif dibanding produk atau jasa yang sejenis.” Semakin inovatif suatu produk, semakin besar kemampuannya untuk memenuhi ekspektasi awal konsumen, memuaskan kebutuhan konsumen, menyentuh rasa dari penggunanya, dan menghemat uang konsumen. Karena itu, produk inovatif memiliki nilai yang lebih tinggi, memiliki konsumen yang lebih loyal dan mendapat pasar yang lebih besar. Secara kebetulan, pembahasan tentang bagaimana perusahaan ini berpikir, mengelola danmenanamkaninovasisebagaisebuahproses
organisasi seringkali tidak terlalu diperhatikan, meskipunhaltersebutmerupakanfondasiyang melahirkan produk inovatif mereka. Inovasi proses didefinisikan adalah cara pebisnis berpikir dan bertindak. Hal ini berlaku dalam semua aspek sistem operasi bisnis dan budaya korporasi perusahaan tersebut, dari manajemen sampai pemasaran, desain sampai
distribusi, pengembangan sumber daya manusia sampai penelitian dan pengembangan.Inovasi proses memperbaiki cara perusahaan mengembangkan produk baru atau jasa yang dapat menambah nilai produk atau memotong biaya, mendapatkan pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan lama, maupun dalam melaksanakan pemikiran strategis dan tata kelola usaha. Masalah timbul ketika perusahaan-perusahaan kecil menganggap inovasi produk
hanya dapat dicapai dengan investasi yang besar dalam suatu aset tak bergerak yang penting, seperti mesin, perlengkapan, perangkat lunak atau teknologi, ketimbang dengan memperbaiki proses internal dalam pengelolaan operasi perusahaan secara rutin. Dengan pola pikir ini, perusahaan kecil yang mencoba berinovasi berulangkali ke-
hilangan kesempatan untuk berkembang karena pengertian mereka terhadap inovasi dan cara pencapaiannya terlalu sempit. Inovasi produk terkait erat dengan inovasi proses karena nilai originalitas, keunikan atau nilai tambah suatu produk merupakan dampak langsung dari sebuah proses dan manajemen internal perusahaan.Sebuah perusahaan yang tidak berinvestasi pada proses dan standar produksi atau sistem pengembangan sumberdaya manusia yang berkualitas mungkin akan memiliki kualitas barang yang lebih rendah dengan tingkat kecacatan produk yang lebih tinggi.Sebuah perusahaan yang tidak ber investasi pada iklan atau penelitian pasar yang inovatif mungkin akan memproduksi produk-produk yang tidak lagi diinginkan ataupun dibutuhkan konsumennya. Efisiensiyangditerapkanolehperusahaan dalam menanamkan sudut pandang inovasi yang lebih luas akan berdampak langsung pada pemahaman mereka pada insentif yang bernilai tinggi dari inovasi, khususnya dalam wilayah manajemen proses dimana investasi dalam berinovasinya dapat lebih murah dan mudah untuk dilaksanakan.
Ketika pemahaman yang lebih luas tentang apa yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah perusahaan inovatif telah tertanam dalam budaya korporat perusahaan, maka tingkat penerapan teknologi dan praktik inovatif pun akan meningkat, sehingga menghasilkan perusahaan yang lebih kuat dan cerdas, dan yang lebih penting, produk yang inovatif.
Caesar Layton
SENADA Senior Industry Advisor
inovasi bermulai dari daPur anda sendiri


1 komentar:

Anonim mengatakan...

saya juga seorang pengusaha yang mampu menghidupkan kembali bisnis kayu sekarat melalui bantuan dewa yang dikirim pemberi pinjaman yang dikenal sebagai benjamin lee konsultan pinjaman. saya penduduk di yekaterinburg екатеринбург. baik Anda mencoba untuk memulai bisnis, melunasi hutang Anda, memperluas yang sudah ada, butuh uang untuk membeli persediaan. apakah Anda mengalami masalah dalam mencoba mendapatkan fasilitas kredit yang baik, saya ingin Anda tahu bahwa mr benjamin akan membantu Anda. apakah ini tempat yang tepat bagi Anda untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda karena saya adalah kesaksian hidup dan saya tidak bisa menyimpan ini untuk diri saya sendiri ketika orang lain mencari cara untuk diangkat secara finansial.. saya ingin Anda semua menghubungi tuhan ini mengirim pemberi pinjaman menggunakan perincian sebagaimana dinyatakan untuk menjadi bagian dari peluang besar ini email: 247officedept@gmail.com atau whatsapp/text +1-989-394-3740.